Pasar Oligopoli adalah suatu
bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa
penjual bertindak sebagai pemilik pasar terbesar (price leader). Umumnya jumlah
perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Dalam pasar oligopoli, setiap
perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan
pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk
pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru,
perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan
konsumen dari pesaing mereka.
Di Indonesia pasar oligopoli dapat
dengan mudah kita jumpai, misalnya pada pasar semen, pasar layanan operator
selular, pasar otomotif serta pasar yang bergerak dalam industri berat.
Ciri-ciri Pasar Oligopoli
- Terdapat beberapa penjual
- Terdapat banyak pembeli
- Barang yang dijual homogen terdiferensiasi
- Sulit dimasuki perusahaan baru
- Membutuhkan peran iklan
- Terdapat satu market leader
(pemimpin pasar)
- Harga jual tidak mudah berubah
Kelebihan pasar oligopoli
- Memberi kebebasan memilih bagi
pembeli.
- Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk.
- Lebih memperhatikan kepuasan
konsumen, karena adanya persaingan penjual.
- Adanya penerapan teknologi baru
Kekurangan pasar oligopoli
- Menciptakan ketimpangan distribusi
pendapatan
- Bisa timbul eksploitasi terhadap
pembeli dan pemilik faktor produksi
- Sulit ditembus/dimasuki perusahaan
baru
- Bisa berkembang ke arah monopoli
Klik disini untuk mengunduh powerpoint materi Pasar Oligopoli
Oleh: Natasha Natania (kelas X IIS SMA Daar En Nisa Islamic School)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar