Selasa, 07 Oktober 2014

PASAR OLIGOPOLI

Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pasar terbesar (price leader). Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.

Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.

Di Indonesia pasar oligopoli dapat dengan mudah kita jumpai, misalnya pada pasar semen, pasar layanan operator selular, pasar otomotif serta pasar yang bergerak dalam industri berat.

Ciri-ciri Pasar Oligopoli
- Terdapat beberapa penjual
- Terdapat banyak pembeli
- Barang yang dijual homogen terdiferensiasi
- Sulit dimasuki perusahaan baru
- Membutuhkan peran iklan
- Terdapat satu market leader (pemimpin pasar)
- Harga jual tidak mudah berubah

Kelebihan pasar oligopoli
- Memberi kebebasan memilih bagi pembeli.
- Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk.
- Lebih memperhatikan kepuasan konsumen, karena adanya persaingan penjual.
- Adanya penerapan teknologi baru

Kekurangan pasar oligopoli
- Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
- Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi 
- Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
- Bisa berkembang ke arah monopoli

Klik disini untuk mengunduh powerpoint materi Pasar Oligopoli
Oleh: Natasha Natania (kelas X IIS SMA Daar En Nisa Islamic School)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar